alie
Setelah Lagu Kebangsaan mari kita lanjutkan k cerita temen gw yg laen,

waktu temen gw ngajar,dy ngajar d klas 6 SD,waktu temen gw nyuruh salah satu anak tuk baca satu paragraf,tu anak diem aj,dy nunduk terus,awalnya temen gw kira dy malu,biasalah anak sekolahan,klo ditunjuk pasti malu,..

setelah dibujuk berapa lama,dy tetep kagamau baca,dy terus nunduk,..
temen2nya yg dah ga sabar kli yah,,..
langsung pada teriak,"ka jangan dy yg dsuruh baca!!"
temen gw bingung tuh,.."lho kenapa emang?"
temen2nya lgsg jawab "dy ga bisa baca n tulis"

wow,temen gw kaget tuh,
dalem hati dy bingung."ini bener klas 6 kan?"

ternyata setelah ngobrol2 ma guru di sekolah itu,
temen gw baru tau klo emang standar di sekolah itu emang rendah bangedd!!

mereka walopun nilainya jelek bakal tetep dinaekin,.
katanya klo ga dinaekin,mereka ga mau sekolah lagi...
waduh2,,,

pas temen gw ngajar matematika aj,masi di kelas 6 nih ya...
mereka perkalian sama pembagian aj masi ga bisa..
waduh2 parah amat yak??

selidik punya selidik,
ternyata emang dari orang tuanya jg katanya,,
di desa itu orang nomer 1 nya aj ga lulus SD,tp dy sukses karena punya tambak Ikan.
makanya orang tua di desa itu berpikiran,"ah bapa itu aj ga lulus SD bisa kaya"

nah lho..klo kaya gini gimana?

Sekarang c gw cuma bisa berharap sama APBN,katanya Jatah buat pendidikan sekarang jadi 20% yah?
yah semoga itu bisa ngbantu desa itu,tanpa mengcualikan desa2 yg laen yg sama kondisinya atopun yg lebih parah yah...

Pak SBY gmn atuh??
heran saya heran...
2 Responses
  1. Unknown Says:

    si guru juga "nurut sama sistem" yang udah kebentuk sih, jadi apa yg mau lu harepin dari murid2nya?

    gurunya ga mau pake cara yg kreatif utk ngajar dan ga bikin murid2nya antusias utk memahami pelajaran..

    mungkin ini salah orang2 yg kaya gw juga sih, yg ngerasa punya metode kreatif tapi ga meluangkan waktu dan tenaganya utk merealisasikan ide2 itu dalam metode pengajaran di sekolah2 yang "terbelakang"..

    jadi malu..


  2. Unknown Says:

    yap2, jadi inget guru sma saya yang dia mau meluangkan waktunya dengan tanpa berharap apa2 untuk siswa2nya belajar,,,edan siah, ada acara malam mingguan di sekolah ampe subuh belajar fisika...dan anak2 antusias ikutan kegiatan tuh...tapi tetap aja, guru yang bener2 serius tetap tersia-siakan oleh sekolahnya dan pemerintah kota...hoammm sistem pendidikan kita emang kacrut...nah, mo tau gak knp 20% anggaran untuk pendidikan gak bisa terlaksana, tuh gara2 duitnya dialihkan tuk ngbayar "cost production" untuk investor2 asing yang menamkan modal dalam dunia explorasi...nah, kbnyakan investor tuh memasukkan segala beban meskipun di luar cost production ke dalamnya -memperkecil pengeluaran dia- dan akhirnya dana cost production membengkak, ini pula yang menyebabkan bbm naik...damn!!!